Balmon Riau ingatkan ISP untuk urus izin penyelenggara internet.

RBSRADIOSIAK.COM – Pertumbuhan usaha penyedia jasa atau layanan internet dewasa ini berkembang begitu pesat. Khususnya di wilayah Provinsi Riau, jumlahnya sangat signifikan. Dari informasi yang dilangsir dari situs asosiasi penyelenggara internet, ada sekitar 26 ISP yang tergabung di asosiasi tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, melalui staf Balai Monitoring Frekuensi Provinsi Riau, Ferdinant, mengingatkan kepada semua pengusaha baik yang sudah lama maupun yang baru, harus segera melengkapi serta mengurus perizinan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya di wilayah Provinsi Riau.

Menurutnya, berdasarkan Undang Undang ITE Tahun 2008 maupun Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 8 Tahun 2017, setiap usaha yang mengadakan layanan internet selain berbadan usaha serta izin lainnya, juga wajib memiliki Izin Penyelenggara Telekomunikasi peruntukkan ISP serta Izin kelas untuk penggunaan perangkat yang bekerja di frekuensi seperti 2,4Ghz dan 5,8Ghz.

Ferdinant juga menambahkan bahwa, dalam penggunaan frekuensi tersebut tidak boleh menimbulkan gangguan terhadap penggunaan frekuensi dinas lainnya, seperti dinas meteorologi atau radar BMKG serta badan usaha lainnya yang sudah memilik izin resmi dari pemerintah.

Dalam penggunaan frekuensi tersebut tidak boleh menimbulkan gangguan terhadap penggunaan frekuensi dinas lainnya, seperti dinas meteorologi atau radar BMKG”, ujarnya saat dikonfirmasi RBS RADIO.

Dia juga menambahkan bahwa setiap warga negara Indonesia, yang mendirikan badan usaha apapun, selagi berada di wilayah Hukum NKRI, wajib mengikuti ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan kegiatan usaha. “kami sebagai perpanjangan tangan pihak kementerian, ibarat lalu lintas, jika belum ditindak, hanya menunggu waktu saja untuk ditindak atau ditertibkan”, tambahnya.

Kar-RBS RADIO SIAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please select facebook feed.