Desa di Kab Siak 100% Teraliri Listrik, Sudah Menjadi Program Nasional Listrik Desa Oleh PLN.

RBSRADIOSIAK.COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau Kepri menargetkan 100% desa yang ada di Provinsi Riau akan terlayani listrik pada tahun 2019 ini. Salah satunya adalah Kabupaten Siak yang telah mendapatkan aliran listrik untuk semua desa.

Program Listrik Desa ini memang sudah menjadi program nasional PLN dan akan ditargetkan tahun ini selesai. Hal ini seperti disampaikan oleh GM PLN Unit induk Wilayah Riau-Kepri, M.Irwansyah Putra.

Dia menjelaskan untuk Tahun 2019, pihaknya sudah menargetkan seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik PLN. Salah satu daerah yang saat ini masih perlu upaya lebih yaitu Indragiri Hilir.

“Akhir 2018 sudah empat kabupaten dan kota, kalau akhir tahun lalu masih Pekanbaru saja. Seharusnya tahun ini total lima, tapi yang di Rokan Hulu terkendala karena bencana banjir,” katanya usai customer gathering PLN Riau Kepri.

Dia menjelaskan untuk tahun depan, pihaknya sudah menargetkan seluruh desa di Riau akan mendapatkan pelayanan listrik PLN. Salah satu daerah yang saat ini masih perlu upaya lebih yaitu Indragiri Hilir.

Disamping program listrik desa, PLN juga menawarkan layanan listrik premium kepada pelanggan, khususnya dari kalangan perusahaan.

Layanan ini memberikan fasilitas minimal gangguan daya, sehingga bila terjadi pemadaman, pelanggan premium akan mendapatkan prioritas untuk mendapatkan daya listrik kembali secepatnya, karena didukung oleh double feeder atau penyulang ganda.

“Jadi dengan membayar sedikit lebih mahal, pelanggan akan mendapatkan jaminan minim gangguan serta menghemat biaya operasional genset,” katanya.

Adapun saat ini beban puncak di PLN Unit Induk Wilayah Riau Kepri mendekati 900 MW, dengan 650 MW berasal dari subsistem kelistrikan Sumatra, dan 250 MW dari jaringan listrik lokal.

REDAKSI RBS RADIO

Source; sumatra.bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Please select facebook feed.