Jangan Anggap Spele Bagian Kaki-Kaki Mobil

Bagian kaki-kaki mobil tidak bisa dianggap sepele. Dari suspensi, tie rod end, long tie rod, shock absorber, velg, hingga ban harus diperhatikan secara saksama. Terutama ban, karena bagian tersebut merupakan penghubung antara kendaraan kita dengan aspal jalan raya.

Salah satu cara menjaga kondisi kaki-kaki adalah dengan melakukan spooring dan balancing. Spooring dilakukan untuk meluruskan sudut-sudut geometri keempat ban mobil agar kembali selaras dengan penyetelan yang dianjurkan oleh produsen mobil.

Sementara balancing berfungsi untuk membuat putaran ban mobil lebih stabil, biasanya dilakukan dengan menambahkan pemberat (besi tempel) pada velg mobil. Kenapa kedua proses tersebut penting dilakukan? Berikut uraiannya.

Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara

Ban yang kondisinya tidak beres bisa memengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, misalnya seperti, kondisi setir bergetar saat digunakan atau setir terasa berat. Jika saat mengemudi Anda merasakan gejala tersebut maka itulah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing.

Meningkatkan kestabilan dan feedback setir

Masalah-masalah pada kaki-kaki bisa membahayakan, apalagi jika kendaraan jadi tidak stabil. Setir bisa condong ke kanan/kiri ketika Anda sedang melaju lurus. Bahkan, yang paling parah, mobil bisa berbelok sendiri saat melaju lurus di kecepatan tinggi.

Tak hanya soal kestabilan, feedback dari ban terhadap setir juga bisa lebih bagus setelah kita melakukan spooring dan balancing dengan menyelaraskan kelurusan roda. Posisi kemudi bisa kembali lurus, terutama setelah kita berbelok.

Memaksimalkan umur ban

Kaki-kaki yang bermasalah juga bisa membuat kondisi ban menjadi buruk. Dari tingkat keausan ban yang tidak merata hingga ban yang menimbulkan suara berdecit ketika berbelok bisa membuat umur ban jadi lebih pendek dari seharusnya. Spooring dan balancing akan mengatasi hal ini.

Menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan

Dengan kondisi ban dan kaki-kaki yang lebih stabil, kendaraan akan melaju tanpa hambatan. Sebaliknya, jika kondisi ban dan kaki-kaki buruk, kendaraan akan lebih lambat dan berat, sehingga pengemudi perlu menekan pedal gas lebih dalam. Ujung-ujungnya, mobil bisa lebih boros.

Menjaga keawetan kaki-kaki mobil

Bagian kaki-kaki termasuk part mobil yang harganya cukup mahal. Terlebih kondisi jalanan di Indonesia kadang tidak ideal, membuat bagian ini lebih cepat rusak. Dengan melakukan spooring dan balancing secara teratur, masa pakai kaki-kaki mobil mungkin bisa lebih panjang dari seharusnya.

Rekomendasi untuk perawatan spooring dan balancing biasanya dilakukan setiap 20.000 kilometer sekali. Namun itu tak bisa jadi patokan. Jika mobil sering diajak jalan jauh, atau melintasi jalanan yang rusak, spooring dan balancing bisa lebih cepat dari yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Intinya, jika ada beberapa indikasi seperti setir terasa tak seperti biasanya, segera lakukan spooring dan balancing.

Editor-RK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by