Lagi, Ekonomi Lumpuh Pasca Listrik PLN Siak Padam

RBSMEDIA, Siak – Listrik menjadi salah satu sumber kehidupan penting dalam roda perekonomian di kota Siak. Pasca listrik padam, pada hari Rabu (6/11/2019) selama hampir 5 jam hingga berita ini dimuat, semua aktifitas produktif di kota Siak terhenti.

Apa saja dampak yang ditimbulkan dari padamnya listrik ini, terutama bagi ekonomi, Praktisi Pengusaha, Kardono menuturkan bahwa hampir semua kegiatan produktif bergantung dengan listrik. Tak terkecuali sumber internet yang juga ikut padam karena kekuatan backup baterai hanya mampu menyediakan listrik selama 2 – 4 Jam sejak listrik padam. Hal ini tentu sangat merugikan masyarakat yang dapat dikatakan saat ini semua usaha rumahan bergantung pada listrik dan internet. Belum lagi Perusahaan Penyedia Air Bersih yang ada di Siak, juga ikut terhambat karena distribusi Air sangat bergantung pada listrik.

saya sangat ingin pemerintah daerah dalam hal ini sebagai pemimpin masyarakat, harus lebih tegas terhadap kinerja PLN di Siak untuk membela hak hak masyarakat selaku konsumen PLN,” Ujar Kardono.

Menurutnya Pemerintah punya kewenangan untuk meminta keterangan serta pertanggung-jawaban PLN terhadap pelayanan kepada konsumen PLN itu sendiri, karena sesuai peraturan undang-undang yakni UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan, serta Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1994, masyarakat yang dirugikan akibat pelayanan tersebut, berhak mendapatkan kompensasi.

Di sisi lain, Sekretaris Indonesia Coruption Investigation ( ICI) Kabupaten Siak Efendinas 6/11 menuturkan agar LPK ( Lembaga Perlindungan Konsumen) Kabupaten Siak menyurati pihak PLN dan menuntut ganti rugi yang dihadapi masyarakat, kerusakan elektronik dan kerugian tempat usaha masyarakat. “karena alasan perbaikan sangat tidak logis, kayu tumbanglah, kena monyetlah, ini tidak masuk akal dan katanya kabellah yang putus,ini perlu dipertanyakan kinerja PLN,” ujar Efendi.

Menurut Manager Gas Gasib kepada Sekretaris ICI yang juga salah seorang wartawan Siak,wa nya ada perbaikan jaringan sepanjang jalan Gasib yang sedang dikerjakan ,itu sebabnya jaringan dimatikan “ujarnya”(Zul).

HGR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by