Pilkada Serentak Bulan Desember 2020 ditunda?

RBSMEDIA, SIAK – Pandemi Covid-19 masih terus terjadi di Negara Indonesia, hal ini berdampak pada sejumlah aspek dan juga berdampak pada Pilkada serentak tahun 2020 ini salah satunya di Kabupaten Siak.

Pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Dalam Pasal 201 A ayat 3 berbunyi Pemungutan suara serentak pada bulan Desember 2O2O ditunda dan dijadwalkan kembali apabila tidak dapat dilaksanakan karena bencana nasional pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) belum berakhir.

Komisioner KPU Kabupaten Siak Agus Haryanto mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan KPU Pusat.

“Penetapan masalah bencana non alam itu dari Pemerintah melalui gugus tugas, sejauh ini Kita masih menunggu arahan KPU Pusat,” ujarnya kepada RBS.

Agus juga menambahkan bahwa “terkait ditundanya lagi tahapan pilkada memang harus dirapatkan antara KPU, Bawaslu, DPR, dan Pemerintah,” ujarnya.

Namun sejauh ini tahapan Pilkada Siak masih berlangsung sesuai aturan yang berlaku, hal ini seperti disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Siak, Ahmad Rizal.

Kardono, RBSMEDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by