Tidak Semua Usulan Masyarakat dalam RKP Kampung Langkai dapat dikabulkan.

RBSRADIOSIAK.COM – Salah satu tahapan pelaksanaan kegiatan kerja pemerintah Kampung atau Desa dalam menyerap anggaran dari dana desa yang disediakan oleh pemerintah pusat, adalah dengan melaksanakan Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP), yaitu penyampaian usulan dari masyarakat.

Hal ini juga dilaksanakan oleh Kampung Langkai, salah satu desa atau kampung yang berada di Kecamatan Siak, Kabupaten Siak pada Pagi Selasa (3/09/2019) di Aula Kampung Langkai, Parit Baru.

Dalam rapat yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, RT maupun RW tersebut, Kepala Kampung Langkai, Sugiono menjelaskan bahwa tidak semua usulan masyarakat dapat dikabulkan karena alasan peraturan undang-undang yang membatasi karena harus hal-hal yang bersifat prioritas yang didahulukan.

“Semua usulan masyarakat kami terima dan kami pelajari namun tentu tidak semua dapat dikabulkan karena ada peraturan perundang-undangan yang membatasinya, seperti Peraturan Menteri Desa dan undang-undang lainnya”, jelas Sugiono dalam rapat RKP tersebut.

Sugiono juga menambahkan bahwa kepala kampung selaku pengguna anggaran memiliki tanggung jawab besar dalam menggunakan anggaran, karena jika tidak hati-hati dan teliti bisa berakibat sanksi hukum, hal ini seperti dialami sejumlah kepala desa di beberapa daerah di Indonesia.

Musyawarah RKP tersebut, juga dihadiri oleh Ketua Badan Pengawas Kampung ( Bapekam ), Sairun beserta anggota dan hadir juga perwakilan dari kecamatan yaitu Eni Mariyati selaku Kasi Pemerintahan Kampung, Pendamping desa serta Babhim Kamtibmas.

Menurut Sairun selaku ketua Bapekam, Pemerintah Kampung wajib transparan dalam penyusunan RAB serta melibatkan Bapekam supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat.

“Pemerintah Kampung, harus memberikan transparansi agar kami juga bisa mengkoreksi atau memberikan masukan kepada Pemerintah Kampung Langkai untuk kebaikan bersama”, ujar Sairun dalam sambutannya.

Rapat yang berjalan alot namun penuh koreksi serta usulan dari masyarakat tersebut, juga salah satu bentuk transparansi kepada masyarakat, serta merupakan ciri khas Bangsa Indonesia yang ber-azas musyawarah.

REDAKSI
RBS-KAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by