8 Makanan Khas Riau

8 Makanan Tradisional Riau Unik dan Bikin Penasaran

Siapa nih yang lagi ada di Riau? nah guys untuk kalian yang lagi ada di Riau wajib banget cobain 8 makanan tradisional riau yang ada dibawah ini, 8 kuliner tradisional ini sedap sekali, dan pastinya rekomended banget untuk memanjakan lidah anda saat berada di Riau.

 

1. Gulai Ikan Patin

lifestyle.okezone.com

Nah kuliner yang pertama ini memang sudah terkenal sekali di Riau dan terkenal di Indonesia dengan kelezatan cita rasanya. Gulai ikan patin ini menjadi makanan favorit warga Riau dan untuk kalian yang belum tau seperti apa rasanya gulai ikan patin ini memiliki kuah kuning yang memiliki citarasa pedas, manis, dan ditambah potongan ikan patin yang memberikan citarasa gurih guys, kenyal, gulai ikan patin ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat, dan pucuk daun ubi rebus merupakan perpaduan yang sempurna. Saat ada di Riau pertama yang wajib anda coba adalah gulai ikan patin, dijamin kalian ketagihan guys. Untuk menemukan gulai ikan patin ini anda bisa ke warung-warung makan, dan restoran-restoran, makanan tradisional ini mudah sekali anda temukan saat berada di Riau guys.

 

2. Asam Pedas Ikan Baung

sumber.com

Berbeda dengan ikan yang ada diatas guys, ikan ini juga populer sekali di Riau dan menjadi makanan khas riau yang wajib banget dicoba. ikan ini sebenarnya masakan melayu yang menjadi makanan disukai di sumatera, dan ikan ini adalah ikan laut yang diberi kuah asam pedas, dipadu dengan rempah-rempah tradisional seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas, serai, dan pastinya potongan ikan baung yalng lezat, untuk kalian yang belum tau ikan bauing ini memiliki tekstur yang mirip sekali dengan ikan lele, dagingnya padat, lembut dan sedap!!! untuk menemukan asam pedas ikan baung ini gampang sekali bisa anda temukan di warung-warung dan restoran-restoran besar. Nah guys setelah mencoba gulai ikan patin kalian juga wajib banget mencicipi lezatnya asam pedas ikan baung.

 

3. Mieso

asiknyaberbagipku.blogspot.co.id

Makanan dari pekanbaru ini memang bisa anda dapatkan di sudut-sudut kota Riau dan ditengah kota. kuliner yang satu ini memang sudah ngehits banget dan untuk kalian yang belum tau Mieso ini apa, mieso ini terdiri dari mie kuning, mie putih, tahu kering, kulit ayam yang renyah, dan potongan ayam yang memiliki citarasa lezat, harga dari mieso ini hanya dibandrol 15k satu porsi. saat berada di Riau anda wajib banget cobain kuliner yang satu ini guys.

 

4. Mie Sagu

kelanariau.com

Saat mendengar kata sagu mungkin terlintas dipikiran anda dengan Papua yang menjadikan sagu makanan pokoknya. di Riau sagu ini di olah menjadi kuliner khas Melayu yaitu me sagu makanan yang satu ini cocok sekali untuk anda yang memiliki diabetes, karena sagu rendah gula dan mie sagu ini memiliki tekstur yang kenyal, di riau mie sagu ini di beri teri, daun kucai, rebusan tauge, dan bumbunya ini memang mengarah ke melayu, tetapi jika anda berkunjung ke Riau wajib banget cobain mie sagu ini dijamin ketagihan guys.

 

5. Roti Jala

ibnuasmara.com

Roti jala ini juga menajadi kuliner yang hits di Riau dan kuliner yang satu ini masih erbau-bau melayu guys. Roti jala ini adalah olahan tepung yang biasanya di makan dengan saus durian dan pas banget untuk yang suka manis, untuk anda yang gak suka manis biasanya roti jalan ini dimakan dengan kari daging ayam atau kambing. untuk rasanya gak usah ditanya lagi guys, sudah pasti mantap dan lezat banget, makanan ini rekomeneded banget wajib anda coba saat berada di Riau.

 

6. Mie Lendir

masakandapurku.com

Mie lendir ini adalah makanan khas Pekanbaru yang membuat anda ketagihan saat mencobanya, makanan yang satu ini berbahan dasar mie yang diberi kuah yang teridiri dari kacang tanah, ubi dan bumbu-bumbu rempah khas riau yang diberi pelengkap seperti terul, cabai rawit, tauge, semangkuk mie lendir ini sempurna banget!!! selain rasanya nikmat harganya juga terjangkau anda hanya mengeluarkan uang 15k saja sudah bia menikmati hidangan yang lezat ini, meskipun penampilan dari semangkuk mie lendir ini kurang menarik, tetapi setelah anda mencoba rasanya pasti ketagihan guys. yuk tunggu apa lagi langsung cari mie lendir!!!

 

7. Es Laksamana Mengamuk

cookpad.com

mungkin anda yang mendengar nama makanan ini heran bukan? memang makanan yang satu ini memiliki nama yang sangat unik, dan memiliki cerita yaitu pada zaman dahulu ada seseorang laksamana yang mengamuk di sebuah kebun buah kuwini karena istrinya dibawa kabur, untuk melampiaskan amarahnya laksamana ini menghempaskan pedangnya ke pohon kuwini yang akhirnya rusak, setelah kejadian itu warga mengumpulkan buah-buah yang jatuh dan rusak itu lalu diolah dengan santan dan gula yang diberi nama es laksamana mengamuk, dan es yang satu ini sudah ngehita banget guys di Riau.
Jangan ngaku sudah ke Riau kalau belum cobain Es laksamana mengamuk. untuk anda yang belum tau es ini terdiri dari buah kuwini (buah sejenis mangga memiliki aroma harum dan buah yang lembut), dicampur dengan santan, selasih, dan pastinya membuat 1 mangkuk es ini terasa segar, dengan cuaca yang lumayan panas di Riau.

 

8. Gulai Siput

blog.kedaikuka.co.id

Mungkin untuk anda yang bukan berasal dari Riau masih asing banget dengan nama kuliner yang satu ini. saat berkunjung ke Riau kalian wajib banget cobain Gulau siput karena siput disini memiliki rasa yang khas banget, tekstur siput yang kenyal, dipadu dengan rempah-rempah riau dan perpaduan bumbu melayu menciptakan 1 rasa yang sempurna guys, nah gulai siput ini menjadi makanan yang sudah populer di Riau dan pastinya wajib anda coba, rasanya gurih, manis, pedas, dan daging siputnya lumer dimulut!!! Anda bisa mendapati gulai siput ini di restoran-restoran besar yang ada di Riau.

 

itulah 8 makanan tradisional yang yummy dan wajib anda coba saat berada di Riau, gimana guys kuliner diatas bikin ngiler kan??? Yuk buruan jelajah kuliner di Riau pasti liburan kalian lebih menyenangkan, selamat mencoba kuliner Riau!!!

sumber:gotravelly.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by