Pekan Safar Ghatib Benghanyut Kembali Digelar

RBSRADIO, SIAK – Tradisi dzikir berjama’ah Ghatib Beghanyut kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Siak pada malam Tanggal 22 Oktober 2019 dengan Tema “Dengan Ghatib Beghanyut Bersama Dapat Mengagkat Marwah Siak”. Tradisi ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya, Hal ini juga dilaksanakan sejak zaman Kesultanan Siak Sri Indrapura.

Gahtib Beghanyut merupakan Kegiatan berdzikir berjama’ah di atas Perahu ataupun Kapal pada bulan Safar di Sungai Siak, mulai dari Pelabuhan Lasdap Siak menuju Pelabuhan Belantik. Ada nilai relegius dan spritual yang tinggi dalam kegiatan ini yakni untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, serta memohon do’a agar Kabupaten Siak mendapat keberkahan dan kemakmuran.

Sebelum Ghatib Beghanyut dilaksanakan, pada pagi harinya pukul 07.00 wib seperti biasanya juga akan dilakukan ziarah makam pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura yakni berziarah ke Makam Raja Kecik, Makam Tengku Buang Asmara, dan Makam Koto Tinggi serta Makam Sultan Syarif Qasim II.

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, melalui bidang Promosi Pariwisata, Basriansyah, menyebutkan bahwa Ghatib Beghanyut tahun 2019 ini akan diikuti oleh Bupati Siak Alfedri, pejabat Pemkab Siak, Tokoh Masyarakat Siak, Alim Ulama, serta tetamu undangan dari Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh, Kabupaten Batu Bara dan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara.

Redaksi RBS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by