Tips Memilih Hp Bekas Sebelum dibeli Agar Tidak Tertipu

Membeli perangkat smartphone second atau bekas adalah pilihan utama ketika ingin membeli Hp yang diinginkan tapi dana tidak mencukupi untuk membeli barang yang baru.

Namun demikian, sebelum memutuskan untuk membeli Hp bekas, Anda harus lebih dahulu mengetahui apa saja hal-hal yang wajib dicek agar nantinya tidak tertipu, apalagi jika Hp tersebut dijual dengan harga yang terlalu jauh dibawah harga pasaran

Karena seperti kita tahu, banyak penjual nakal yang sengaja menawarkan Hp bekas dengan harga murah padahal perangkat yang dijual tersebut dalam kondisi yang tidak normal.

Untuk itu, kali ini tim redaksi  sudah menyiapkan artikel khusus yang akan membahas mengenai tips dalam memilih Hp bekas yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikut akan redaksi ulas mengenai beberapa hal yang harus Anda pahami lebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli Hp bekas:

  • Hindari Membeli Secara Online

Hal pertama yang harus jadi perhatian Anda ketika ingin membeli Hp bekas adalah, sebisa mungkin untuk tidak membeli secara online.

Pasalnya, membeli barang secara online akan sangat beresiko untuk menjadi korban penipuan, terlebih jika membelinya dengan penjual yang abal-abal.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika akan membeli Hp bekas usahakan untuk membeli di daerah masing-masing dengan sistem ketemuan langsung atau COD.

  • Cek Fisik Barang

Tips kedua, yakni dengan memerikasa fisik dari Hp second yang akan dibeli. Inilah alasan kenapa kita tidak disarankan untuk membeli Hp bekas secara online karena kita tidak bisa memeriksa kondisi fisik barang secara langsung.

Pengecekan ini guna memastikan bahwa barang dijual masih bagus, terutama pada bagian layar apakah masih mulus, sudah retak atau ada hal-hal lain yang jadi kekurangan dari Hp tersebut.

Ketika Anda minat dengan salah satu Hp bekas yang dijual pada group jual beli Facebook misalnya, setelah negosiasi harga maka langkah selanjutnya adalah memerikan secara langsung kondisi fisik Hp tersebut dan ajak penjual untuk ketemuan guna transaksi.

  • Periksa Spesifikasi Hp

Selain memeriksa secara fisik, untuk lebih meyakinkan periksa juga spesifikais dan fitur yang ada pada Hp tersebut apakah masih bekerja normal.

Misalnya, cek kamera, suara, internet, bluetooth, panggilan telepon dan juga hal-hal lain yang sekiranya penting untuk dilakukan pengecekan.

Penting juga untuk mengecek daya tahan baterainya, apakah mudah ngedrop atau tidak bisa di cas dan lain-lain.

  • Cek Kelengkapan

Berikutnya yang juga harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli Hp second adalah mengecek kelengkapan dari Hp tersebut, meliputi dus book, charger, sim try dan kelengkapan lainnya jika ada.

Ini untuk menghindari jika perangkat yang dijual tanpa kelengkapan adalah barang hasil curian atau sejenisnya sehingga Anda tidak akan bermasalah dengan hukum kedepannya.

  • Sesuaikan Harga dan Kondisi Barang

Berikutnya Anda juga harus pandai mengkalkulasi mengenai Hp bekas yang akan dibeli. Misalnya, Hp dalam kondisi bodi yang lecet atau mulus, layar masih mulus atau sudah baret dan sejenisnya, sehingga Anda bisa memperhitungkan harga yang pas sesuai dengan kondisi barang.

Anda juga bisa mencari informasi mengenai harga bekas dari tipe Hp tersebut apakah sesuai dengan harga pada umumya atau justru masih diatas harga hp bekas pada umumnya.

  • Minta Garansi atau Jaminan

Inilah pentingnya membeli Hp second dari seseorang yang masih dalam satu kota, buatlah kesepakatan apabila dalam penggunaan misalnya selama satu minggu ternyata Hp yang dijual tidak sesuai dengan yang dijanjikan bisa dilakukan pengembalian

Untuk menghindari resiko penipuan terkait dalaman Hp tersebut, bisa juga membelinya pada toko Hp terpercaya di kota Anda sehingga ketika barang yang dibeli tidak sesuai bisa dapat garansi.

  • Lebih Bagus Beli Punya Teman Atau Kerabat

Selanjutnya, tips yang harus diketahui ketik akan membeli Hp second ada baiknya membeli perangkat tersebut dari seseorang yang Anda kenal baik, misalnya teman atau kerabat.

Sehingga proses jual beli akan lebih mudah dan tentunya tidak ada yang ditutup-tutupi karena sudah saling mengenal satu sama lain.

Demikian beberapa tips dalam memilih Hp bekas sebelum memutuskan untuk membelinya. Semoga informasi yang redaks ulas pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber : recode.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Mau Pasang Iklan?
Atau Mau Pesan Produk?
Atau Mau request?
Powered by